Personal Summary
CURRICULUM VITAE
- Personal Data
1. | Full Name (with degree) | Dr. Dra. Hanifah, M.Kom |
2. | Academic Position (since …) | Pembina Utama Muda / IVc (2010) |
3. | Appointments | Prodi S2 Pendidikan Matematika FKIP UNIB |
4. | Employee Number | 196208151986032024 |
5. | NIDN (Lecturer number) | 0015086210 |
6. | Place and Date of Birth | Sungai Tanang, Agam, 15 Agustus 1962 |
7. | Phone Number | 085365031961 |
8. | Office Address | Gedung Lab.FKIP Jl Wr Supratman Kandang Limun Bengkulu |
9. | Telephone/Fax | – |
10. | hanifahmat@unib.ac.id | |
11. | Number of supervisee students (in 5 last years) | Lebih dari 50 mahasiswa |
12. | Taught courses | Pendidikan Matematika |
- Educational background
Bachelor Program | Master Program | Doctoral Program | |
University | IKIP Padang | Universitas Indonesia | Univ. Negeri Padang |
Field of Study | Pendidikan Matematika | Ilmu Komputer Kekhususan TI | Ilmu Pendidikan Konsentrasi MIPA |
Year of Entry – Graduated | 1981 -1985 | 1997-1999 | 2010-2015 |
Title of Undergraduate Thesis / Thesis / Dissertation | – | Perencanaan Strategis untuk Sistem Informasi di Universitas Bengkulu (UNIB) | Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS |
Name of Advisors /Promotors | – | Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D | 1. Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc
2. Prof. Dr. Lufri, M.Sc 3. Prof. Dr. I Made Arnawa, M.Si
|
- Research experiences in recent 5 years
No. | Year | Title of Research | Position | Source of Funding |
1 | 2016 | Implementasi Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS {MPK-APOS) di Prodi Teknik Informatika FT UNIB | Ketua | Mandiri |
2 | 2017 | Implementasi Model APOS Berbantuan GeoGebra pada Matakuliah Geometri Transformasi Pada Mahasiswa Semester 3 Kelas A Prodi Matematika FKIP UNIB TA 2016/ 2017 | Ketua | Mandiri |
3 | 2018 | Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS {Model APOS) Pada Mahasiswa Semester 3 Kelas A Prodi Matematika FKIP UNIB TA 2017/ 2018 | Ketua | Mandiri |
4 | 2019
|
Implementasi
Buku Ajar Kalkulus Berbasis Model APOS Pada Mahasiswa Semester 3 Kelas A Prodi Matematika FKIP UNIB TA 2018/ 2019 |
Ketua | Mandiri |
4 | 2020
|
Penambahan Scaffolding Pada Buku Ajar Kalkulus Integral Berbasis Model APOS
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Kalkulus Integral Di Kelas B Prodi Matematika Fkip UNIB TA 2019/2020
|
Ketua | Mandiri |
5 | 2021 | Pengembangan Lembar Kerja Analisis Real Berbasis Model Aksi Proses Objek Skema (Model APOS) Berbantuan Geogebra Dan
Video Pembelajaran
|
Ketua | PPKP FKIP UNIB 2021
|
- Community service experiences in recent 5 Years
No | Year | Title of Community Services | Position | Source of Funding |
1 | 2016 | Sosialisasi Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS (MPK-APOS) Berbantuan Maple Kepada Guru MAN Model 1 Kota Bengkulu | Ketua | Mandiri |
2 | 2017 | Memberikan Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Bidang Matematika | Anggota | RBA FKIP |
3 | 2018 | Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model APOS Berbantuan Komputer Dengan Pendekatan Saintifik Kepada Guru-Guru Matematika & IPA SMA N I Kota Bengkulu
|
Ketua | RBA FKIP
|
4 | 2019 | Memberikan Pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas Kepada Guru MGMP bidang Matematika SLTP /SLTA Kota Bengkulu | Anggota | Prodi Pendidikan Matematika |
5 | 2020 | Sosialisasi Cara Menyelesaikan
Pertidaksamaan Fungsi Rasional Kepada Guru-Guru MGMP Matematika Kota Bengkulu |
Ketua | Prodi Pendidikan Matematika
|
6 | 2021 | Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Geometri SMP Berbasis Model APOS Berbantuan Geogebra
|
Ketua | RBA FKIP |
- Scientific Article in recent 5 years
- Scopus Author ID: 57348661500 https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57348661500
- Google Scholar ID:
https://scholar.google.com/citations?user=UWpGxDMAAAAJ&hl=id&authuser=5
- SINTA ID: 6034711
https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/detail?id=6034711&view=overview
- Orcid Id : : https://orcid.org/ 0000-0003-3793-6534
No. | Title of Scientific Article | Journal Identity
(Year, Vol., No, Pages) |
Type of Article | Author Position |
1 | Analisis Kesalahan Peserta PLPG Matematika Di FKIP UNIB TA 2017 Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan. | Volume.16 Nomor.1.
April 2017, |
Triadik Jurnal Ilmiah Pendidikan. Penerbit FKIP UNIB Press. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/triadik/article/view/8662
|
Ketua |
2 | Penerapan Lembar Kerja berbasis Model Aksi, Proses, Objek, dan Skema (APOS) Pada Matakuliah Kalkulus Integral Pokok bahasan Teknik Integrasi Substitusi Yang Merasionalkan. | Volume.2 Nomor 6, Januari 2018 | Jurnal Pendidikan Eksakta FKIP UNIB | Ketua |
3 | Implementation of mathematics learning model based on theory: Action, process, object, scheme (APOS model) on improper integral subject. 2019. | Volume 8, Issue September 2019.ISSN 2277-8616. 2166-2174.
|
International Journal of Scientific and Technology Research.
|
Ketua |
4 | Learning integration techniques by APOS model and analysis of student’s error. | Desember 2019
Research. (ISSUE 12), 146 -153. \ ISBN 2277-8616 |
International Journal of Scientific and Technology
|
Ketua |
5 | The effectivity of APOS model based worksheets on the improper integral. 2019. | Series. 1317 (1), 012115 | Journal of Physics: Conference
https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1317/1/012115 |
Ketua |
6 | Respon Siswa SMA N 1 Kota Bengkulu Terhadap LKPD Model APOS Dengan Pendekatan Saintifik. 2019. | Tahun XVII, Nomor 1 Juni 2019 14 | Dharma Raflesia Unib
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dharmaraflesia/article/view/6216 |
Ketua |
7 | Perbandingan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan pendekatan Saintifik di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. 2019. | 2019: 3(3), 125-131 ISSN 2086-9363 | PENDIPA Journal of Science Education FKIP UNIB
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/9131 |
Anggota |
8 | Membangun Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Mahasiswa Melalui Penugasan Pembuatan Alat Peraga Program Linear. | 2020: 4(1), 17-23 ISSN 2086-9363 | PENDIPA Journal of Science Education FKIP UNIB
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/8906 |
Ketua |
9 | Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Himpunan oleh
Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNIB |
Vol.3 No. 1, 2020 ISSN (print): 2654-2870; ISSN (online) 2686-5483 | JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar)
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/index doi: http://dx.doi.org/10.33369/.. |
Ketua |
10 | Application of Cooperative Learning to Improve the Understanding of
Mathematical Concepts in Junior High School. |
1(2), 38-46 ISSN: 2722-6239 | Bencoolen Journal of Science Education and Technology, 2020:
DOI: https://doi.org/10.33369/bjset.1.2.29-37
|
Anggota |
11 | Practicality test of student worksheet (SWS) based on: Action, Process, Object, Schema (APOS model) assisted on Geogebra the subject of Riemann sum. | IOP
1731 (1), 012035 |
Journal of Physics: Conference Series
https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1731/1/012035 |
Kerua |
12 | Building Student Abilities: Making Reports And Demonstrations Through Project-Based Learning
|
Vol 6, No 1 (2021) : 2548-4435 (cetak) | 2615-8752 (online)
|
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia |
Ketua |
13 | Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu | 2021: 2(3), 1-5
ISSN 2086-9363 |
PENDIPA Journal of Science Education,
DOI : https://doi.org/10.33369/pendipa.2.3.1-5
|
Anggota |
14 | Improving Learning Outcomes Of Students In Junior High School Number 1 Bengkulu City With Online Learning Model Through Cloud X Application
|
Volume 2 Nomor 1 (2021) | Bencoolen Journal of Science Education and Technology:
DOI: https://doi.org/10.33369/bjset.1.2.29-37 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/bjset/article/view/14239
|
Anggota |
15 | Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Limit dan Kekontinuan | Vol. 06 No. 03, November 2021
E ISSN:
|
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr Hanifah. (2021). | Ketua |
16 | Problem Solving Ability of Integration Technique in Integral Calculus Learning Based on APOS Model of Mathematics Education Students
|
AIP
Available Online 1 March 2021.
|
Published by Atlantis Press
https://www.atlantis-press.com/proceedings/icetep-20/125953416 DOI https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.036
|
Ketua |
17 | The Effect of Independent Learning Implementation in Integral Calculus Learning for the Topic Riemann Sums on Students Learning Outcomes
|
AIP
Available Online 1 March 2021. |
the Authors. Published by Atlantis Press.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/icetep-20/125953437 |
Ketua |
18 | Practicality test of student worksheet (SWS) based on: Action, Process, Object, Schema (APOS model) assisted on Geogebra the subject of Riemann Sum | IOP
Vol 1731, Issue 1 January 2021
|
Journal of Physics: Conference Series, Volume 1731, Issue 1, article id. 012035 (2021).
https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1731/1/012035
|
Ketua |
19 | Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Limit dan Kekontinuan
|
Vol 6, No 3 (2021) | Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/16772 |
Ketua |
20 | Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) | Vol. 1, No. 2, Desember 2017 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)
DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.190-196
|
Anggota |
22 | Aktivitas Belajar Matematika Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament (Tgt) Berbantuan Media Powerpoint | Vol. 1, No. 2, Desember 2017 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), | Anggota |
23 | Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii SMP | Vol. 1, No. 1, Agustus 2017 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), | Anggota |
24 | Pengaruh Keyakinan Diri, Kemampuan Pemahaman Konsep, Motivasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kausalitas Di MAN I Kota Bengkulu) | Vol. 2 No. 2 Tahun 2017 | Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia | Anggota |
25 | Implementation Of Work Sheet Based On APOS Model On Integral Calculus College In The Subject Of The Transendent Function In Study Program In Mathematics Education Fkip Unib Academic Year 2017/2018 | VOLUME 16, No.2, Oktober 2017:
|
TRIADIK, | Ketua |
26 | Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Bengkulu Tengah Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) | Vol. 2, No. 1, April 2018 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),
DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.68-75
|
Anggota |
27 | Penggunaan Bahan Ajar Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis | Vol. 2 No. 2, Oktober 2018, Hal. 128-131 | JTAM Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika p-ISSN 2597-7512 | e-ISSN 2614-1175 | Anggota |
28 | Efektivitas LKPD Model Penemuan Terbimbing Dengan Pedekatan Saintifik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar | Vol. 3, No. 3, Desember 2019 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), | Anggota |
29 | Penerapan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII 6 Smp N 01 Kota Bengkulu | Vol. 3, No. 2, Agustus 2019 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), | Anggota |
30 | Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Dan Pendekatan Saintifik Di Kelas Vii SMP Negeri 14 Kota Bengkulu | Vol. 3, No. 2, Agustus 2019
|
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.157-161 | Anggota |
31 | Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing | Vol. 3, No. 2, Agustus 2019 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), | Anggota |
32 | Deskripsi Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas Viii | Vol. 3, No. 2, Agustus 2019 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), | Anggota |
33 | Penerapan Model Active Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 6 Kota Bengkulu | Vol. 3, No. 1, April 2019 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),
|
Anggota |
34 | Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Model Pembelajaran Matematika Realistik | Vol. 3, No. 3, Desember 2019 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), | Anggota |
35 | Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP | Vol. 3, No. 3, Desember 2019 eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), | Anggota |
36 | Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii SMP Negeri 10 Kota Bengkulu | Volume 4, No.1, April 2020, pp: 110-122
eISSN 2581-253X
|
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.110-122 | Anggota |
37 | Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu | Volume 4, No.2, Agustus 2020, pp : 185-193
eISSN 2581-253X |
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)
DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.185-193
|
Anggota |
38 | Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu | Volume 4, No.2, Agustus 2020, pp: 270-281
eISSN 2581-253X |
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)
DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.270-281
|
Anggota |
39 | Pengembangan LKPD Berbasis Model PjBL Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 14 Kota Bengkulu | Volume 4, No.1, April 2020, pp : 69-81
eISSN 2581-253X |
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) | Anggota |
40 | Pengaruh Strategi REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Viii SMP | Volume 4, No.3, Desember 2020, pp: 363-373
eISSN 2581-253X |
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) | Anggota |
41 | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Lingkaran Di Kelas Viii SMP Negeri 12 Kota Bengkulu | Volume 4, No.1, April 2020, pp: 123-135
eISSN 2581-253X |
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)
DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.123-135
|
Anggota |
42 | Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Peminatan Kelas Xi Terbitan Erlangga Materi Persamaan Trigonometri Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi | Volume 4 Nomor 2, September 2021, ISSN 2599-3291 (Cetak), ISSN 2614-3933 (Online) | Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematikahttps://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/5306/3285 | Anggota |
43 | Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Modul Pengayaan Matematika Kelas VII Semester II Terbitan Putra Nugraha Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi | Vol 9(2), 2021, 177-188 | JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 2021, 177-188 | Anggota |
44 | Analisis Kualitas Dan Tingkat Kognitif Soal Matematika Penilaian Akhir Semester (Pas) Ganjil Kelas Ix Di SMP N 10 Kota Bengkulu Tahun 2020/2021 | Vol. 2, No. 2. Agustus 2021 | JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA (JMES) | Anggota |
45 | Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Matematika Wajib Kelas XI Terbitan Intan Pariwara Materi Matriks Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi | Vol. 9(2), 2021, 262-273 | JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 2021, 262-273 | Anggota |
46 | Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika Kelas X Berdasarkan Taksonomi Bloom | Vol. 9(2), 2021, 287-298 | JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 2021, 287-298 | Anggota |
47 | Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Modul Pengayaan Matematika Kelas VII Semester II Terbitan Putra Nugraha Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi | Vol. 9(2), 2021, 177-188 | JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 2021, 177-188 | Anggota |
48 | Analisis Tingkat Kognitif Soal Materi Peluang Buku Matematika Kelas XII Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi | Vol 4 No 2 Desember (2021): FARABI | FARABI Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
DOI: |
Anggota |
49 | Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Teks Matematika Peminatan Kelas XI Terbitan Mediatama Materi Irisan Kerucut dan Polinomial Berdasarkan Taksonomi Bloom | Vol 4 No 2 Desember(2021): FARABI | FARABI Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
DOI: |
Anggota |
50 | Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Kelas VII Materi Garis dan Sudut Berdasarkan Taksonomi Bloom | Vol 4 No 2 Desember (2021): FARABI | FARABI Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
DOI: |
Anggota |
51 | Diagnosis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Dan Segitiga Kelas Vii Smp Negeri 14 Kota Bengkulu Berdasarkan Teori Newman | Volume 5, No.1, April 2021, pp: 71-80eISSN 2581-253X | Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) | Anggota |
52 | Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Ajar Matematika Kelas Vii Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Taksonomi Bloom | Volume 5 No. 1 April 2021 pp 131-138
eISSN 2581-253X |
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) | Anggota |
53 |
Analisis Kesesuaian Buku Teks Matematika Smp Kelas Vii Kurikulum 2013 Penerbit Erlangga Materi Aritmatika Sosial | Volume 5, No.1, April 2021, pp: 11-21
eISSN 2581-253X |
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) | Anggota |
54 | Analisis Soal Matematika Ujian Akhir Semester Ganjil Ditinjau Dari Aspek Kognitif Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 13 Mukomuko Tahun Ajaran 2019/2020 | Volume 5, No.1, April 2021, pp : 99-110
eISSN 2581-253X |
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) | Anggota |
- Oral presentations and poster submissions in the last 7 years
No. | Name of Scientific Seminar | Title of Scientific Article | Time and Place |
1 |
ICOMSETThe International Conference On Mathematics, Science, Education And Technologi.. |
Developing Calculus Learning Model Based On The Theory of APOS (Action, Process, Object, And Schema). Proceeding. ISBN: 978-602-19877-3-5. The International Conference On Mathematics, Science, Education And Technologi.. | October 22, 2015, Inna Muara Hotel and Convention Center. Padang Indonesia. |
2 |
ICSTInternational Conference on Science and Technology. “science and technology for improving quality of life”. |
The Impact of Mathematics Learning Model Implementation Based on APOS Theory (APOS Model). ( A Case Study on Integral Calculus Learning). International Conference on Science and Technology. “science and technology for improving quality of life”. | November 9-10, 2016. Pekanbaru, Indonesia. http://www.estech.org.
|
3 | Semirata 2016 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat. | Kepraktisan Lembar Kerja Berbasis Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS. Prosiding ISBN: 979-602-71798-1-3
Semirata 2016 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat. |
Graha Sriwijaya, Universitas Sriwijaya Palembang, 22-24 Mei 2016. Hal 214 – 224
|
The Fourth South East Asia Design/Development Research International Conference 2016.. | Development of math worksheets bases on APOS model ( a case study of Integral Calculus). Proceeding . ISBN: 978-602-19877-5-9. The Fourth South East Asia Design/Development Research International Conference 2016. | Graduate Programme, Uninersitas Negeri Padang. April, 17th – 18th 2016 | |
Seminar Nasional Matematika V | Peranan Komputer Pada Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS (Model APOS). Prosiding ISSN: 2580 – 1104. Seminar Nasional Matematika V
|
Universitas Negeri Jakarta 5 November 2016. | |
International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICM2E) | The Implementation of APOS MODEL In Transformation Geometry Course. Proceeding of International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICM2E) 2017.ISBN: 978-602-50919-0-2. | Novotel Hotel Bukittinggi 27 – 29 August 2017 | |
International Conference of Applied Science on Engineering, Business, Linguistics and Information Technology (Ico-ASCNITech). | Computer Based APOS Model on Mathematics Learning . Proceeding ISBN: 2598-2532. International Conference of Applied Science on Engineering, Business, Linguistics and Information Technology (Ico-ASCNITech). | Politeknik Negeri Padang and Politeknik Ibrahim Sultan, 13 -15 October 2017 | |
Conference on Mathematics, Science, and Education. | Implementasi Model APOS pada matakuliah Kalkulus Integral pada pokok Bahasan Fungsi Transenden di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIB TA 2017/2018. Prosiding ISBN: 978-602-8043-83-0. Conference on Mathematics, Science, and Education. | Gedung Dekanat FKIP UNIB 21-23 Desember 2017 . | |
SEMIRATA 2017 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat. | Kepraktisan Lembar Kerja Berbasis Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teoari APOS (Model APOS) oleh Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik UNIB TA 2015/2016 (Studi Kasus Pada Pembelajaran Kalkulus); Prosiding SEMIRATA 2017 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat. | Jambi. Ratu Convention Center 12 – 14 Mei 2017. | |
Bengkulu International Conference (BICSE-2017). | Collage Students’ Errors in Solving Volume of Solids of Revolution Problems and the Scaffolding Given on Model APOS Learning. Proceeding ISBN : 978-602-8043-84-7. Bengkulu International Conference (BICSE-2017).
|
Rectorate Building 3rd Floor, University of Bengkulu. December 14 – 15, 2017. | |
Semirata and International Conference on Science and Technology (SEMIRATA –ICST) 2018. | The Impact of Calculus Learning Based on APOS MODEL to Students’ Mastery of Improper Integral Materials. Paper presented at Semirata and International Conference on Science and Technology (SEMIRATA –ICST) 2018. | Medan International Convention Center (MICC) May 4 -6th, 2018. not yet published
|
|
International Conference on Mathematics, Science, Education and Technology (ICOMSET) 2018 | The Effectivity of APOS Model Based Worksheets On The Improper Integral. Paper presented at International Conference on Mathematics, Science, Education and Technology (ICOMSET) 2018. At Universitas Negeri Padang | Padang City, Indonesia. On October 4 – 5 th.
|
|
Seminar Nasional Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIB TA 2017/2018
|
Implementasi Model APOS Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral
Pada Bab Teknik Pengintegralan Di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIB TA 2017/2018
|
Gedung Laboratorium Pembelajaran FKIP UNIB November 2018 | |
ICETeP | Building Critical, Tenacious, And Confidential Characters Through Application Of APOS Model
(Case Study On Integral Calculus Learning). Proceeding ICETEP. ISSN: 2352-5398 ISBN: 978-94-6252-695-2 FKIP UNIB 26-28 october 2018. Atlantis Press
|
Gedung Laboratorium Pembelajaran FKIP UNIB 2018. | |
Seminar RENPER | Upaya Pengentasan Kemiskinan Melalui Perubahan Karakter Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Yang Terpusat Pada Siswa. Akan dipresentasikan pada tanggal … Juli 2019
|
Hotel Siantika
Juli 2019 |
|
Seminar Nasional 2018 PGSD FKIP UNIB | Implementasi Model APOS Pada Bab Teknik Integrasi Di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIB TA 2017/2018
Prosiding Seminar Nasional 2018. Hal.72-82 PGSD FKIP UNIB |
FKIP Universitas Bengkulu
|
|
Seminar Nasional 2019
PGSD FKIP UNIB |
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Himpunan Oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNIB Diseminarkan Tahun 2019
|
FKIP Universitas Bengkulu
|
|
MASEIS 2019 | Practicality Test Of Student Worksheet (SWS) Based On: Action, Process, Object, Schema (APOS MODEL) Assisted On Geogebra In The Subject Of Riemann Sum. 2019
https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1731/1/012035
|
FKIP Universitas Bengkulu
|
|
ICETeP 2020 | The Effect Of Independent Learning Implementation In Integral Calculus Learning For The Topic Riemann Sums On Students Learning Outcomes.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/icetep-20/125953437
|
Bengkulu, November 7, 2020
Daring (Zoom) |
|
ICETeP 2020 | Problem Solving Ability of Integration Technique in Integral Calculus Learning Based on Apos Model
By The Third Semester of Mathematics Education Students Fkip Unib 2019/2020https://www.atlantis-press.com/proceedings/icetep-20/125953416
|
Bengkulu, November 7, 2020
Daring (Zoom) |
|
MASEIS 2021 | Analysis of students problem solving ability in solving improper integral problems | Bengkulu, 13 November 2021
Daring via zoom |
- Selected intellectual property rights in the last 10 Years
No. |
Intellectual Property RightsTitle / Theme |
Year |
Type |
Intellectual Property RightsNumber |
1 | Model APOS Pembelajaran Berbantuan Komputer | 2019 | Buku | 0001157640 |
2 | Buku Ajar Lembar Aktivitas Mahasiswa (Lam) Barisan Bilangan Real Berbantuan Geogebra Berbasis Model APOS | 2021 | Buku Ajar | 000287479 |
3 | Panduan Pengembangan Bahan Ajar Geometri SMP Berbasis Model APOS Berbantuan Geogebra | 2021 | Modul | 000318629 |
- Awards and honors in the last 10 Years (from governments, associations, or other institutions)
No. | Type of Award | Awarding Institution | Year |
1 | |||
2 | |||
3 |
All the filled and listed data in this curriculum vitae is true. If there is any discrepancy with the reality in the future, will be my own risk.
Bengkulu, July 2022
Dr. Dra. Hanifah, M.Kom