Dr. Dra. Hanifah, M.Kom

  • s2_pendmatematika@unib.ac.id
  • +62
  • Aaron
  • #
  • Bengkulu

Dr. Dra. Hanifah, M.Kom

Dosen S2 Pendidikan Matematika

Specialization :

0 Courses
NAN Rating

Personal Summary

CURRICULUM VITAE

  1. Personal Data
1. Full Name (with degree) Dr. Dra. Hanifah, M.Kom
2. Academic Position (since …) Pembina Utama Muda  / IVc    (2010)
3. Appointments Prodi S2 Pendidikan Matematika FKIP UNIB
4. Employee Number 196208151986032024
5. NIDN (Lecturer number) 0015086210
6. Place and Date of Birth Sungai Tanang, Agam, 15 Agustus 1962
7. Phone Number 085365031961
8. Office Address Gedung Lab.FKIP Jl Wr Supratman Kandang Limun Bengkulu
9. Telephone/Fax
10. E-mail hanifahmat@unib.ac.id
11. Number of supervisee students (in 5 last years) Lebih dari 50 mahasiswa
12. Taught courses Pendidikan Matematika

 

  1. Educational background
Bachelor Program Master Program Doctoral Program
University IKIP Padang Universitas Indonesia Univ. Negeri Padang
Field of Study Pendidikan Matematika Ilmu Komputer Kekhususan TI Ilmu Pendidikan Konsentrasi MIPA
Year of Entry – Graduated 1981 -1985 1997-1999 2010-2015
Title of Undergraduate Thesis / Thesis / Dissertation Perencanaan Strategis untuk Sistem Informasi di Universitas Bengkulu (UNIB) Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS
Name of Advisors /Promotors Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D 1.       Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd., M.Sc

2.       Prof. Dr. Lufri, M.Sc

3.       Prof. Dr. I Made Arnawa, M.Si

 

 

  1. Research experiences in recent 5 years
No. Year Title of Research Position Source of Funding
1 2016 Implementasi Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS {MPK-APOS) di Prodi Teknik Informatika FT UNIB Ketua Mandiri
2 2017 Implementasi Model APOS Berbantuan GeoGebra pada Matakuliah Geometri Transformasi Pada Mahasiswa Semester 3 Kelas A Prodi Matematika FKIP UNIB TA 2016/ 2017 Ketua Mandiri
3 2018 Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS {Model APOS) Pada Mahasiswa Semester 3 Kelas A Prodi Matematika FKIP UNIB TA 2017/ 2018 Ketua Mandiri
4 2019

 

Implementasi

Buku Ajar Kalkulus Berbasis Model APOS Pada Mahasiswa Semester 3 Kelas A Prodi Matematika FKIP UNIB TA 2018/ 2019

Ketua Mandiri
4 2020

 

Penambahan Scaffolding Pada Buku Ajar Kalkulus Integral Berbasis Model APOS

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Kalkulus Integral Di Kelas B Prodi Matematika Fkip UNIB TA 2019/2020

 

Ketua Mandiri
5 2021 Pengembangan Lembar Kerja Analisis Real Berbasis Model Aksi Proses Objek Skema (Model APOS) Berbantuan Geogebra Dan

Video Pembelajaran

 

Ketua PPKP FKIP UNIB 2021

 

 

 

  1. Community service experiences in recent 5 Years
No Year Title of Community Services Position Source of Funding
1 2016 Sosialisasi Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS (MPK-APOS) Berbantuan Maple Kepada Guru MAN Model 1 Kota Bengkulu Ketua Mandiri
2 2017 Memberikan Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Bidang Matematika Anggota RBA FKIP
3 2018 Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran   Berbasis Model APOS Berbantuan Komputer   Dengan Pendekatan Saintifik Kepada Guru-Guru Matematika & IPA SMA N I  Kota  Bengkulu

 

Ketua RBA FKIP

 

4 2019 Memberikan Pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas Kepada Guru MGMP bidang Matematika SLTP /SLTA Kota Bengkulu Anggota Prodi Pendidikan Matematika
5 2020 Sosialisasi Cara Menyelesaikan

Pertidaksamaan Fungsi Rasional

Kepada Guru-Guru MGMP Matematika

Kota Bengkulu

Ketua Prodi Pendidikan Matematika

 

6 2021 Pelatihan  Pengembangan Bahan Ajar Geometri  SMP Berbasis Model APOS Berbantuan Geogebra

 

Ketua RBA FKIP

 

  1. Scientific Article in recent 5 years

https://scholar.google.com/citations?user=UWpGxDMAAAAJ&hl=id&authuser=5

  • SINTA ID: 6034711

https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/detail?id=6034711&view=overview

No. Title of Scientific Article Journal Identity

(Year, Vol., No, Pages)

Type of Article Author Position
1 Analisis Kesalahan Peserta PLPG Matematika Di FKIP UNIB TA 2017 Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan. Volume.16 Nomor.1.

April 2017,

Triadik Jurnal Ilmiah Pendidikan. Penerbit FKIP UNIB Press. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/triadik/article/view/8662

 

Ketua
2 Penerapan Lembar Kerja berbasis Model Aksi, Proses, Objek, dan Skema (APOS) Pada Matakuliah Kalkulus Integral Pokok bahasan Teknik Integrasi Substitusi Yang Merasionalkan. Volume.2 Nomor 6, Januari 2018 Jurnal Pendidikan Eksakta FKIP UNIB

https://independent.academia.edu/HanifahDamanhuri

Ketua
3 Implementation of mathematics learning model based on theory: Action, process, object, scheme (APOS model) on improper integral subject. 2019. Volume 8, Issue September 2019.ISSN 2277-8616. 2166-2174.

 

International Journal of Scientific and Technology Research.

http://www.ijstr.org/final-print/sep2019/Implementation-Of-Mathematics-Learning-Model-Based-On-Theory-Action-Process-Object-Scheme-apos-Model-On-Improper-Integral-Subject.pdf

 

Ketua
4 Learning integration techniques by APOS model and analysis of  student’s error. Desember 2019

Research. (ISSUE 12), 146 -153. \

ISBN 2277-8616

International Journal of Scientific and Technology

http://www.ijstr.org/final-print/dec2019/Learning-Integration-Techniques-By-Apos-Model-And-Analysis-Of-Students-Error.pdf

 

Ketua
5 The effectivity of APOS model based worksheets on the improper integral. 2019. Series.  1317 (1), 012115 Journal of Physics: Conference

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1317/1/012115

Ketua
6 Respon Siswa SMA N 1 Kota Bengkulu Terhadap LKPD Model APOS Dengan Pendekatan Saintifik. 2019. Tahun XVII, Nomor 1 Juni 2019   14 Dharma Raflesia Unib

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dharmaraflesia/article/view/6216

Ketua
7 Perbandingan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education dengan pendekatan Saintifik di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. 2019. 2019: 3(3), 125-131  ISSN 2086-9363 PENDIPA Journal of Science Education FKIP UNIB

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/9131

Anggota
8 Membangun Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Mahasiswa Melalui Penugasan  Pembuatan Alat Peraga Program Linear. 2020: 4(1), 17-23  ISSN 2086-9363 PENDIPA Journal of Science Education FKIP UNIB

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/view/8906

Ketua
9 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Himpunan oleh

Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNIB

Vol.3 No. 1, 2020 ISSN (print): 2654-2870; ISSN (online) 2686-5483 JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar)

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/index doi: http://dx.doi.org/10.33369/..

Ketua
10 Application of Cooperative Learning to Improve the Understanding of

Mathematical Concepts in Junior High School.

1(2), 38-46 ISSN: 2722-6239 Bencoolen Journal of Science   Education and Technology, 2020:

DOI: https://doi.org/10.33369/bjset.1.2.29-37

 

Anggota
11 Practicality test of student worksheet (SWS) based on: Action, Process,   Object, Schema (APOS model) assisted on Geogebra the subject of Riemann sum. IOP

1731 (1), 012035

Journal of Physics: Conference Series

 

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1731/1/012035

Kerua
12 Building Student Abilities: Making Reports And Demonstrations Through Project-Based Learning

 

Vol 6, No 1 (2021)
2548-4435  (cetak) | 2615-8752  (online)

 

Jurnal Pendidikan
Matematika Raflesia

DOI: https://doi.org/10.33449/jpmr.v6i1.14333

Ketua
13 Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu 2021: 2(3), 1-5

ISSN 2086-9363

PENDIPA Journal of Science Education,

DOI : https://doi.org/10.33369/pendipa.2.3.1-5

 

Anggota
14 Improving Learning Outcomes Of Students In Junior High School Number 1 Bengkulu City With Online Learning Model Through Cloud X Application

 

Volume 2 Nomor 1 (2021) Bencoolen Journal of Science   Education and Technology:

DOI: https://doi.org/10.33369/bjset.1.2.29-37

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/bjset/article/view/14239

 

Anggota
15 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Limit dan Kekontinuan Vol. 06 No. 03, November 2021

E ISSN:  

2615-8752  

 

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr Hanifah. (2021). Ketua
16 Problem Solving Ability of Integration Technique in Integral Calculus Learning Based on APOS Model of Mathematics Education Students

 

AIP

Available Online 1 March 2021.

 

Published by Atlantis Press

https://www.atlantis-press.com/proceedings/icetep-20/125953416

DOI

https://doi.org/10.2991/assehr.k.210227.036

 

Ketua
17 The Effect of Independent Learning Implementation in Integral Calculus Learning for the Topic Riemann Sums on Students Learning Outcomes

 

AIP

Available Online 1 March 2021.

the Authors. Published by Atlantis Press.

https://www.atlantis-press.com/proceedings/icetep-20/125953437

Ketua
18 Practicality test of student worksheet (SWS) based on: Action, Process, Object, Schema (APOS model) assisted on Geogebra the subject of Riemann Sum IOP

Vol 1731, Issue 1

January 2021

 

Journal of Physics: Conference Series, Volume 1731, Issue 1, article id. 012035 (2021).

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1731/1/012035

 

Ketua
19 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Limit dan Kekontinuan

 

Vol 6, No 3 (2021) Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/16772

Ketua
20 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Vol. 1, No. 2, Desember 2017 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.190-196

 

 

Anggota
22 Aktivitas Belajar Matematika Siswa Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament (Tgt) Berbantuan Media Powerpoint Vol. 1, No. 2, Desember 2017 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.197-201

Anggota
23 Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii SMP Vol. 1, No. 1, Agustus 2017 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65

Anggota
24 Pengaruh Keyakinan Diri, Kemampuan Pemahaman Konsep, Motivasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kausalitas Di MAN I Kota Bengkulu) Vol. 2 No. 2 Tahun 2017 Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia

DOI: https://doi.org/10.31186/jpmr.v2i2.3968

Anggota
25 Implementation Of Work Sheet Based On APOS Model On Integral Calculus College In The Subject Of The Transendent Function In Study Program In Mathematics Education Fkip Unib Academic Year 2017/2018 VOLUME 16, No.2, Oktober 2017:

 

TRIADIK,

DOI: https://doi.org/10.33369/triadik.v16i2.8867

Ketua
26 Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Bengkulu Tengah Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Vol. 2, No. 1, April 2018 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.68-75

 

Anggota
27 Penggunaan Bahan Ajar Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Vol. 2 No. 2, Oktober 2018, Hal. 128-131 JTAM Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika p-ISSN 2597-7512 | e-ISSN 2614-1175

DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.498

Anggota
28 Efektivitas LKPD Model Penemuan Terbimbing Dengan Pedekatan Saintifik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Vol. 3, No. 3, Desember 2019 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.301-305

Anggota
29 Penerapan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII 6 Smp N 01 Kota Bengkulu Vol. 3, No. 2, Agustus 2019 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.180-187

Anggota
30 Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Dan Pendekatan Saintifik Di Kelas Vii SMP Negeri 14 Kota Bengkulu Vol. 3, No. 2, Agustus 2019

 

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.157-161 Anggota
31 Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Vol. 3, No. 2, Agustus 2019 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.151-156

Anggota
32 Deskripsi Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas Viii Vol. 3, No. 2, Agustus 2019 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.196-204

Anggota
33 Penerapan Model Active Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 6 Kota Bengkulu Vol. 3, No. 1, April 2019 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),

 

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.99-109

Anggota
34 Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Model Pembelajaran Matematika Realistik Vol. 3, No. 3, Desember 2019 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.306-314

Anggota
35 Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Vol. 3, No. 3, Desember 2019 eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS),

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.293-300

Anggota
36 Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Viii SMP Negeri 10 Kota Bengkulu Volume 4, No.1, April 2020, pp: 110-122

eISSN 2581-253X

 

 

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.110-122 Anggota
37 Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu Volume 4, No.2, Agustus 2020, pp : 185-193

eISSN 2581-253X

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.185-193

 

Anggota
38 Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu Volume 4, No.2, Agustus 2020, pp: 270-281

eISSN 2581-253X

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.270-281

 

Anggota
39 Pengembangan LKPD Berbasis Model PjBL Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 14 Kota Bengkulu Volume 4, No.1, April 2020, pp : 69-81

eISSN 2581-253X

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.69-81

Anggota
40 Pengaruh Strategi REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Viii SMP Volume 4, No.3, Desember 2020, pp: 363-373

eISSN 2581-253X

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.363-373

Anggota
41 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Lingkaran Di Kelas Viii SMP Negeri 12 Kota Bengkulu Volume 4, No.1, April 2020, pp: 123-135

eISSN 2581-253X

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.123-135

 

Anggota
42 Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Peminatan Kelas Xi Terbitan Erlangga Materi Persamaan Trigonometri Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Volume 4 Nomor 2, September 2021, ISSN 2599-3291 (Cetak), ISSN 2614-3933 (Online) Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematikahttps://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/5306/3285 Anggota
43 Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Modul Pengayaan Matematika Kelas VII Semester II Terbitan Putra Nugraha Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Vol 9(2), 2021, 177-188 JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 2021, 177-188

DOI:10.25273/jems.v9i2.10093

Anggota
44 Analisis Kualitas Dan Tingkat Kognitif Soal Matematika Penilaian Akhir Semester (Pas) Ganjil Kelas Ix Di SMP N 10 Kota Bengkulu Tahun 2020/2021 Vol. 2, No. 2. Agustus 2021 JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA (JMES)

DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmes.v2i2.7936

Anggota
45 Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Matematika Wajib Kelas XI Terbitan Intan Pariwara Materi Matriks Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Vol. 9(2), 2021, 262-273 JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 2021, 262-273

DOI: 10.25273/jems.v9i2.10357

Anggota
46 Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika Kelas X Berdasarkan Taksonomi Bloom Vol. 9(2), 2021, 287-298 JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 2021, 287-298

DOI: 10.25273/jems.v9i2.10365

Anggota
47 Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Modul Pengayaan Matematika Kelas VII Semester II Terbitan Putra Nugraha Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Vol. 9(2), 2021, 177-188 JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 2021, 177-188

DOI:10.25273/jems.v9i2.10093

Anggota
48 Analisis Tingkat Kognitif Soal Materi Peluang Buku Matematika Kelas XII Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi   Vol 4 No 2 Desember (2021): FARABI FARABI Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.203

Anggota
49 Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Teks Matematika Peminatan Kelas XI Terbitan Mediatama Materi Irisan Kerucut dan Polinomial Berdasarkan Taksonomi Bloom   Vol 4 No 2 Desember(2021): FARABI FARABI Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.156

Anggota
50 Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Kelas VII Materi Garis dan Sudut Berdasarkan Taksonomi Bloom   Vol 4 No 2 Desember  (2021): FARABI FARABI Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.157

Anggota
51 Diagnosis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Segiempat Dan Segitiga Kelas Vii Smp Negeri 14 Kota Bengkulu Berdasarkan Teori Newman Volume 5, No.1, April 2021, pp: 71-80eISSN 2581-253X Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.71-80

Anggota
52 Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Ajar Matematika Kelas Vii Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Taksonomi Bloom Volume 5 No. 1 April 2021 pp 131-138

eISSN 2581-253X

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.131-138

Anggota
53
Analisis Kesesuaian Buku Teks Matematika Smp Kelas Vii Kurikulum 2013 Penerbit Erlangga Materi Aritmatika Sosial Volume 5, No.1, April 2021, pp: 11-21

eISSN 2581-253X

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.11-21

Anggota
54 Analisis Soal Matematika Ujian Akhir Semester Ganjil Ditinjau Dari Aspek Kognitif Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 13 Mukomuko Tahun Ajaran 2019/2020 Volume 5, No.1, April 2021, pp : 99-110

 

eISSN 2581-253X

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS)

DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.99-110

Anggota

 

  1. Oral presentations and poster submissions in the last 7 years
No. Name of Scientific Seminar Title of Scientific Article Time and Place
1

ICOMSET

The International Conference On Mathematics, Science, Education And Technologi..

Developing Calculus Learning Model Based On The Theory of APOS (Action, Process, Object, And Schema). Proceeding. ISBN: 978-602-19877-3-5. The International Conference On Mathematics, Science, Education And Technologi..

 October 22, 2015, Inna Muara Hotel and Convention Center.  Padang Indonesia.
2

ICST

International Conference on Science and Technology. “science and technology for improving quality of  life”.

 The Impact of Mathematics Learning Model Implementation Based on APOS Theory (APOS Model). ( A Case Study on Integral Calculus Learning). International Conference on Science and Technology. “science and technology for improving quality of  life”. November 9-10, 2016. Pekanbaru, Indonesia. http://www.estech.org.

 

3 Semirata 2016 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat. Kepraktisan Lembar Kerja Berbasis Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS. Prosiding ISBN: 979-602-71798-1-3

Semirata 2016 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat.

Graha Sriwijaya, Universitas Sriwijaya Palembang, 22-24 Mei 2016. Hal 214 – 224

 

The Fourth South East Asia Design/Development Research International Conference 2016.. Development of math worksheets bases on APOS model ( a case study of Integral Calculus). Proceeding . ISBN: 978-602-19877-5-9. The Fourth South East Asia Design/Development Research International Conference 2016. Graduate Programme, Uninersitas Negeri Padang. April, 17th – 18th 2016
Seminar Nasional Matematika V Peranan Komputer Pada Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS (Model APOS). Prosiding ISSN: 2580 – 1104. Seminar Nasional Matematika V

 

Universitas Negeri Jakarta 5 November 2016.
International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICM2E) The Implementation of APOS MODEL In Transformation Geometry Course. Proceeding of International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICM2E) 2017.ISBN: 978-602-50919-0-2. Novotel Hotel Bukittinggi 27 – 29 August 2017
International Conference of Applied Science on Engineering, Business, Linguistics and Information Technology (Ico-ASCNITech). Computer Based APOS Model on Mathematics Learning . Proceeding ISBN: 2598-2532. International Conference of Applied Science on Engineering, Business, Linguistics and Information Technology (Ico-ASCNITech). Politeknik Negeri Padang and Politeknik Ibrahim Sultan, 13 -15 October 2017
Conference on Mathematics, Science, and Education. Implementasi Model APOS pada matakuliah Kalkulus Integral pada pokok Bahasan Fungsi Transenden di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIB TA 2017/2018. Prosiding ISBN: 978-602-8043-83-0. Conference on Mathematics, Science, and Education. Gedung Dekanat FKIP UNIB 21-23 Desember 2017 .
SEMIRATA 2017 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat. Kepraktisan Lembar Kerja Berbasis Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teoari APOS (Model APOS) oleh Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik UNIB TA 2015/2016 (Studi Kasus Pada Pembelajaran Kalkulus); Prosiding  SEMIRATA 2017 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat. Jambi. Ratu Convention Center 12 – 14 Mei 2017.
Bengkulu International Conference (BICSE-2017). Collage Students’ Errors in Solving Volume of Solids of Revolution Problems and the Scaffolding Given on Model APOS Learning. Proceeding  ISBN : 978-602-8043-84-7. Bengkulu International Conference (BICSE-2017).

 

 

Rectorate Building 3rd Floor, University of Bengkulu. December 14 – 15, 2017.
Semirata and International Conference on Science and Technology (SEMIRATA –ICST) 2018. The Impact of Calculus Learning Based on APOS MODEL to Students’ Mastery of Improper Integral Materials. Paper presented at Semirata and International Conference on Science and Technology (SEMIRATA –ICST) 2018. Medan International Convention Center (MICC) May 4 -6th, 2018. not yet published

 

International Conference on Mathematics, Science, Education and Technology (ICOMSET) 2018 The Effectivity of APOS Model Based Worksheets On The Improper Integral. Paper presented at International Conference on Mathematics, Science, Education and Technology (ICOMSET) 2018. At Universitas Negeri Padang Padang City, Indonesia. On October 4 – 5 th.

 

Seminar Nasional Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIB  TA 2017/2018

 

Implementasi Model APOS Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral

Pada Bab Teknik Pengintegralan

Di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIB  TA 2017/2018

 

Gedung Laboratorium Pembelajaran FKIP UNIB  November 2018
ICETeP Building Critical, Tenacious, And Confidential Characters Through Application Of APOS Model

(Case Study On Integral Calculus Learning).

Proceeding ICETEP. ISSN: 2352-5398

ISBN: 978-94-6252-695-2

FKIP UNIB 26-28 october 2018. Atlantis Press

 

Gedung Laboratorium Pembelajaran FKIP UNIB 2018.
Seminar RENPER Upaya Pengentasan Kemiskinan  Melalui Perubahan Karakter Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Yang Terpusat Pada Siswa. Akan dipresentasikan pada tanggal  … Juli 2019

 

Hotel Siantika

Juli 2019

Seminar Nasional 2018 PGSD FKIP UNIB Implementasi Model APOS Pada Bab Teknik Integrasi Di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNIB  TA 2017/2018

Prosiding Seminar Nasional 2018. Hal.72-82 PGSD FKIP UNIB

FKIP Universitas Bengkulu

 

Seminar Nasional 2019

PGSD FKIP UNIB

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Himpunan Oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNIB Diseminarkan Tahun 2019

 

FKIP Universitas Bengkulu

 

MASEIS 2019 Practicality Test Of Student Worksheet (SWS) Based On: Action, Process, Object, Schema (APOS MODEL) Assisted On Geogebra In The Subject Of Riemann Sum. 2019

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1731/1/012035

 

FKIP Universitas Bengkulu

 

ICETeP 2020 The Effect Of Independent Learning Implementation In Integral Calculus Learning For The Topic Riemann Sums On Students Learning Outcomes.

https://www.atlantis-press.com/proceedings/icetep-20/125953437

 

Bengkulu, November 7, 2020

Daring (Zoom)

ICETeP 2020 Problem Solving Ability of Integration Technique in Integral Calculus Learning Based on Apos Model

By The Third Semester of Mathematics Education Students Fkip Unib 2019/2020https://www.atlantis-press.com/proceedings/icetep-20/125953416

 

 

Bengkulu, November 7, 2020

 

Daring (Zoom)

MASEIS 2021 Analysis of students problem solving ability in solving improper integral problems Bengkulu, 13 November 2021

Daring via zoom

 

  1. Selected intellectual property rights in the last 10 Years
No.
Intellectual Property Rights
Title / Theme
Year
Type
Intellectual Property Rights
 Number
1 Model APOS Pembelajaran Berbantuan Komputer 2019 Buku 0001157640
2 Buku Ajar Lembar Aktivitas Mahasiswa (Lam) Barisan Bilangan Real Berbantuan Geogebra Berbasis Model APOS 2021 Buku Ajar 000287479
3 Panduan Pengembangan Bahan Ajar Geometri SMP Berbasis Model APOS Berbantuan Geogebra 2021 Modul 000318629

 

  1. Awards and honors in the last 10 Years (from governments, associations, or other institutions)
No. Type of Award Awarding Institution Year
1
2
3

 

All the filled and listed data in this curriculum vitae is true. If there is any discrepancy with the reality in the future, will be my own risk.

 

Bengkulu, July 2022

 

 

Dr. Dra. Hanifah, M.Kom

Taught Courses