Dewi Rahimah, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
Plt. Koordinator Program S2 Pendidikan Matematika

Dr. Saleh Haji
GKM Program S2 Pendidikan Matematika

Tujuan :

PROGRAM STUDI S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA

Tujuan Program Studi S-2 Pendidikan Matematika adalah:

  1. menghasilkan lulusan yang menguasai teori dan metodologi pendidikan matematika mutakhir secara mendalam;
  2. menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan berbagai permasalahan pendidikan matematika secara mendalam;
  3. menghasilkan lulusan yang mampu mengorganisasi aktivitas-aktivitas ilmiah di bidang pendidikan matematika;
  4. menghasilkan produk-produk penelitian-penelitian yang responsif terhadap isu-isu matematika dan pendidikan matematika yang mutakhir:
  5. menghasilkan produk-produk pengabdian kepada masyarakat berbasis ilmu pengetahuan khususnya pendidikan Matematika;
  6. menghasilkan teoretik dan didaktif metodik pendidikan matematika berbasis penelitian;
  7. menghasilkan manfaat bagi pengembangan kelembagaan atas kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian pendidikan Matematika serta pengabdian kepada masyarakat, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.
  8. menghasilkan tata kelola yang baik

Gelar Lulusan

Magister Pendidikan (M.Pd)

Sejarah Singkat :

Program Studi Magister (S2) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu adalah salah satu program pendidikan tinggi lanjutan S1 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 180/D/O/2010 tanggal 23 Nopember 2010. Program ini menyiapkan lulusan yang memiliki: Pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap sebagai pendidik dan tenaga kependidikan yang  profesional dalam bidang perancangan, pelaksana, dan pengembangan bidang pendidikan matematika pada jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.

Pembelajaran pada Program Studi S-2 Pendidikan Matematika berbasis kompetensi yang tertuang dalam kurikulum program studi. Kurikulum program studi memuat profil lulusan, capaian pembelajaran dan bidang kajian. Kompetensi tersebut disusun berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 045/U/2002, Standar Nasional Pendidikan Dikti (SN-Dikti) dan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Selain itu, Kurikulum Program Studi S-2 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu juga memperhasyikan Rumusan Naskah Akademik IndoMS tentang Capaian Pembelajaran dan Struktur Kurikulum Minimal Program Studi Pendidikan Matematika lanjutan S-1.

Kurikulum Program Studi S-2 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu disusun dengan tujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam bidang pendidikan matematika yang memiliki kompetensi sebagai:

  • Dosen Pendidikan Matematika
  • Peneliti Bidang Pendidikan Matematika
  • Guru Matematika Sekolah Menengah (SMP dan SLTA)
  • Pengembang Pembelajaran Matematika

Staff Prodi

Diana Elyza, S.Sos